BPBD Melakukan Kegiatan Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana Gempa Bumi

BPBD Melakukan Kegiatan Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana Gempa Bumi

Baubau, - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara menggelar kegiatan Sosialisai, Komunikasi, Informasi dan Edukasi Rawan Bencana pada bangunan bertingkat sebagai bentuk kegiatan simulasi bencana gempa bumi yang di laksanakan di SMP Negeri 18 Baubau, Kamis (9/3/2023)

Kegiatan ini dibuka oleh  Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse, dalam sambutannya beliau meyampaikan kepada para siswa dan siswi agar dapat memahami apa yang dilakukan pada saat terjadi bencana dan membentuk tim siaga bencana di lingkup sekolah.

“karena kegiatan ini sangatlah penting untuk kita kedepannya maka diharapkan seluruh peserta didik baik siswa maupun tenaga pendidik dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sampai kegiatan ini selesai. Sehingga dengan begitu ilmu yang didapat bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, dan juga seperti yang kita ketahui bencana merupakan suatu peristiwa yang mengancam di suatu wilayah serta penduduk yang ada di  dalamnya sehingga dapat menimbulkan kerusakan ligkungan serta hilangnya harta benda bahkan korban jiwa.” Ungkap Wali Kota Baubau

Kepala Bidang Pencegahan Dan Kesiapsiagaan, Inayah mengatakan, simulasi gempa bumi  ini dikenalkan sejak dini kepada siswa dan tenaga pendidik, agar mereka dapat mengetahui cara menyelamatkan diri dari musibah gempa bumi maupun bencana alam lainnya.

"Jadi simulasi bencana gempa bumi ini dilakukan, agar para tenaga pendidik dan siswa siap siaga mempersiapkan diri dan tahu cara menyelamatkan diri semisal terjadi bencana gempa bumi, sehingga dari musibah gempa bumi ini tidak ada yang mengalami luka-luka maupun korban jiwa " katanya.

Materi yang diberikan berupa sosialisasi dan simulasi terkait teknik evakuasi mandiri jika terjadi gempa bumi, seperti melindungi kepala, bersembunyi dibawah meja, serta berlari menyelamatkan diri ketempat terbuka.                                                                    
 “Kegiatan edukasi bencana ini sangat perlu dilakukan sebagai pembelajaran dan perkenalan awal pada mitigasi bencana, serta dengan sosialisasi ini para guru dan siswa dapat menambah pengetahuanya dibidang bencana dan selalu siap dalam menghadapi bencana dan mengetahui tindakan yang harus dilakukan saat evakuasi terjadi, dan kegitan ini juga memang tiap tahun wajib untuk kegiatan rutin diadakan ” Tegasnya .


Selain kepada para siswa, pelatihan dan simulasi yang dilakukan BPBD kota Baubau sebisa mungkin akan menyusur keseluruh lapisan masyarakat untuk mensosialisasikan langkah kesiapsiagaan bencana. Menuju Kota Baubau Tangguh Bencana.